Friday, July 4, 2014

Cara Memperoleh Visa Amerika Di Saudi

Amerika Serikat atau lebih dikenal sebagai amerika adalah negara republik konstitusional federal yang terdiri dari limapuluh negara bagian dan satu distrik federal. Amerika saat ini dikenal sebagai pusat tekhnologi dan pengetahuan didunia, selain menyediakan berbagai kebutuhan manusia dalam hal pemenuhan kebutuhan, amerika juga menjadi tujuan wisata didunia. Hal ini disebabkan oleh pemerintahannya yang relatif stabil, aman dan terkendali. Selain itu grand design tata kota dan pemetan wilayah yang tepat pada negara ini menjadi nilai plus yang patut diperhitungkan dan menjadi contoh oleh negara-negara yang masih dikategorikan negara berkembang seperti Indonesia.
Untuk berpetualang dan menjelajahi amerika serikat hal pertama yang harus kita dapatkan adalah visa/izin tinggal dinegara tersebut. Di saudi arabia kita bisa memperoleh visa amerika di kedutaan amerika yang berada di riyadh, tepatnya di jalan diplomatik P.O. Box 94309 Riyadh 11693. Untuk permohonan visa sendiri dengan cara anda membuat appoitment terlebih dahulu dengan kedutaan amerika tentang jadwal wawancara, dan dalam hal ini anda akan dikenakan biaya sekitar 680 riyal (Rp 2.040.000,00). Untuk hari biasa wawancara dilakukan pada jam 08.00 am atau 08.30 am atau 09.00 am. Sebelum anda wawan cara, alangkah baiknya jika anda melengkapi persyaratan yang telah ditentukan oleh pihak kedutaan, hal-hal yang harus anda persiapkan adalah :
  1. Fotocopy pasport
  2. Fotocopy identitas diri/ KTP saudi/ iqamah
  3. Surat sponshorship dari instansi yang terkait, karena sponsor saya dari rumah sakit king fahad militer jadi saya harus menyertakan surat rekomendasi yang disertai legalitasnya.
  4. Dua berkas kontrak kerja dengan menggunakan bahasa indonesia dan bahasa inggris yang ditandatangani sponsor dan saya
  5. Surat appoitment yang anda dapatkan ketika pembayaran
  6. Pas foto ukuran 5x5 cm dua lembar
Setelah semua persyaratan terpenuhi maka bawalah berkas tersebut ke loket yang telah disediakan oleh petugas, diloket tersebut ada beberapa line/ baris sesuai dengan jadwal appoitment anda yaitu berdasarkan jam appoitment dan antrilah dengan tertib. Appoitment yang tertera dalam kertas saya adalam 08.30 am dan saya datang jam 07.45 am tetapi didepan saya sudah ada banyak antrian sekitar 6 orang. Selang beberapa saat datanglah petugas yang mengoreksi kelengkapan berkas kita sebelum diperiksa lebih detail oleh petugas yang ada diloket. Petugas tersebut juga menginstruksikan agar mematuhi aturan yang berlaku di kedutaan amerika diantaranya tidak boleh membawa handphone/alat elektronik, kunci mobil, lotion, minyak bahkan parfumpun dilarang, tetapi jangan khawatir jika anda tetap membawanya karena security akan memberikan tempat disertai nomor penitipan barang agar barang tersebut tidak dibawa masuk dikantor kedutaan dan anda boleh mengambilnya ketika proses wawancara anda selesai. Namun jika anda nekat membawanya masuk kedalam kantor jangan harap barang anda akan dikembalikan ke anda. Setelah tiba giliran antrian dan kelengkapan berkas terpenuhi maka anda akan dipersilahkan masuk kedalam kantor dan seorang security akan membantu anda menemukan tempat wawancara dan mempersilahkan anda menunggu giliran masuk.
Ketika memasuki kantor imigrasi maka petugas akan menyuruh anda untuk memverikasi dan menyerahkan berkas yang anda bawa ke loket yang telah ditentukan dan memberikan nomor antrian. Saya masuk ke loket nomor 5 (diruangan tersebut ada 10 loket , loket nomor 1-5 digunakan untuk memverikasi dan penyerahan berkas sedangkan loket nomor 6- 10 untuk perihal wawancara). Diloket tersebut petugas bertanya tentang nama dan tempat tanggal lahir serta kontak yang bisa dihubungi (nomer HP dan email), dan dia memepersilahkan duduk kembali untuk tahapan wawancara dan memberikan anda secarik kertas yang berisi jadwal appoitment, waktu verifikasi dan nomor antrian. Saya mendapatkan antrian nomor 062, dan disitu bisa saya lihat di monitor bahwa sekarang petugas baru melayani pemohon dengan nomor 048 jadi masih menunggu 14 orang pemohon. Kira-kira 20 menit menunggu tibalah giliran nomor saya disebut oleh petugas. Pertanyaan yang diajukan dalam wawancara menggunakan bahsa inggris, dalam hal ini saya hanya ditanyai tentang kesiapan kerja dan lama kerja saya disaudi arabia (wawancara tiap pemohon oleh petugas berbeda-beda antara satu dengan lainya) setelah itu petugas memberikan kertas merah yang berisi pengambilan paspor dengan visa amerika setelah seminggu dari jadwal wawancara. Intinya saya berhasil dalam wawancara dan mendapatkan visa amerika serikat

Posted by RIKO JOWIR On 7/04/2014 No comments

0 comments:

  • RSS
  • Delicious
  • Digg
  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Youtube

    Blogger news

    Blogroll

    Did You Know... »»

    About